Minggu, 02 Oktober 2011

laporan prakerin differential

LAPORAN PRAKERIN
PERAWATAN DAN PERBAIKAN DIFFERENTIAL PADA ZEBRA ESPASS
DI BENGKEL MANDIRI MOTOR PURWOKERTO
Diajukan untuk memenuhi syarat untuk menempuh Ujian akhir Sekolah Menengah Kejuruan Negeri Nusawungu tahun pelajaran
2011/2012


Disusun oleh:
Nama                                     : Gilang Suparno
Tingkat                                   : XI (sebelas)
NIS                                         : 0889
Program Studi Keahlian     : Teknik Otomotiif
Kopetensi keahlian             : Teknik Kendaraan Ringan

PEMERINTAH KABUPATEN CILACAP              DINAS PENDIDIKAN, PEMUDA, DAN OLAHRAGA
SMK NEGERI NUSAWUNGU
Jl. Perintis, Klumprit, Nusawungu Telp/Fax (0282) 5500450 E-mail smkn_nswg@yahoo.co.id Cilacap Kode pos 53282
2011
LEMBAR PENGESAHAN
Laporan prakerin ini telah disetujui oleh pembimbing sekolah dan disyahkan oleh Kepala SMK Negeri Nusawungu pada:


                                    Hari                 :
                                    Tanggal         :
                                       
                                                                        Nusawungu,                         2011
                                                                        Disetujui,
Ketua  Program Studi Keahlian                Pembimbing sekolah
Teknik Otomotif                                                       


Nano Setiana,S.Pd                                     Widoyo,S.Pd
NIP.19611122 200701 1 002                     NIP.1982040920090 3 1003


Mengetahui,
Kepala SMK Negeri Nusawungu


Drs. Sri Muladi,MM
Pembina
NIP.19590904 198803 1 005




LEMBAR PENGESAHAN
Laporan prakerin ini telah disetujui oleh pembimbing industry pada:


                                    Hari                 :
                                    Tanggal         :

                                                                        Purwokerto,                           2011  
Mengetahui,
Pimpinan Mandiri Motor                             Pembimbing Industri


TRI WIBOWO                                               TRI WIBOWO








LEMBAR PENGUJIAN
            Laporan prakerin ini telah diuji dan dipertahankan dihadapan penguji sekolah pada:


                                    Hari,Tanggal :
                                    Tempat           :

                                                                        Nusawungu,                         2011
Penguji II                                                       Penguji I


Widoyo,S.Pd.                                               Heru Widiantoro,S.Pd.
NIP.1982040 9200903 1 003                     NIP.19840816 200903 1 006





                                                                         
MOTTO
1.    Jadikanlah hari ini lebih baik dari hari kemarin, dan hari esok lebih baik dari hari ini.
2.    Janganlah engkau sia siakan waktu, karena waktu adalah uang.
3.    Kegagalan adalah suatu keberhasilan yang tertunda.
4.    Berdo’alah karena do’a awal dari keberhasilan.
5.    Malu bertanya sesat di jalan.
6.    Jangan pernah menyerah karena kegagalan, dan jangan pernah puas karena keberhasilan.
7.    Masa yang paling indah adalah dimana kita dalam kebersamaan.
8.    Pengalaman adalah guru yang terbaik.
9.    Disiplin merupakan kunci utama untuk sukses.










PERSEMBAHAN
Laporan prakerin ini kami persembahkan kepada:
1.    Bapak dan Ibu yang selalu  mendo’akan serta memberi semangat dan dukungan kepada penulis.
2.    Bapak  Drs.Sri Muladi,MM selaku Kepala SMK Negeri Nusawungu.
3.    Bapak Tri Wibowo selaku Pimpinan Bengkel MANDIRI MOTOR Purwokerto.
4.    Bapak Nano Setiana,S.Pd  selaku Ketua Program Studi Keahlian Teknik Otomotif SMK Negeri Nusawungu.
5.    Bapak  Tofiqurohman,S.Pd  selaku Waka Humas DU/DI SMK Negeri Nusawungu.
6.    Bapak Widoyo,S.Pd selaku  pembimbing Prakerin SMK Negeri Nusawungu.
7.    Bapak Tri Wibowo selaku pembimbing Industri.
8.    Bapak dan Ibu Guru SMK Negeri Nusawungu.
9.    Semua Teman- teman seperjuangan Khususnya kelas XI MB yang selalu menjaga kekompakanya.




KATA PENGANTAR
            Dengan memanjatkan puji dan syukur kehadirat Allah S.W.T.  atas rahmat serta hidayahNya sehingga saya dapat menyelesaikan Praktik Kerja Industri (PRAKERIN) t.a. 2010/2011 selama 2 bulan yaitu 1 Maret-30April 2011 dan juga dapat menyelesaikan penyusunan laporan prakerin.
Didalam laporan prakerin ini saya mengambil judul “PERAWATAN DAN PERBAIKAN DIFFERENTIAL/GARDAN”.Laporan ini saya susun setelah melaksanakan prakerin selama 2 bulan. Laporan ini juga bisa untuk pengetahuan tentang perbaikan dan perawatan differential.
Dikesempatan ini saya mengucapkan banyak terimakasih kepada semua pihak yang telah membantu bembuatan laporan ini baik secara langsung maupun tidak langsung. terutama penulis tunjukan kepada:
1.    Bapak dan Ibu yang selalu  mendo’akan serta memberi semangat dan dukungan kepada penulis.
2.    Bapak Drs. Sri Muladi,MM selaku Kepala SMK Negeri Nusawungu.
3.    Bapak Tri Wibowo selaku Pimpinan Bengkel MANDIRI MOTOR Purwokerto.
4.    Bapak Nano Setiana,S.Pd  selaku Ketua Program Studi Keahlian Teknik Otomotif SMK Negeri Nusawungu.
5.    Bapak  Tofiqurohman,S.Pd  selaku Waka Humas DU/DI SMK Negeri Nusawungu.
6.    Bapak Widoyo,S.Pd selaku  pembimbing Prakerin SMK Negeri Nusawungu.
7.    Bapak Tri Wibowo selaku pembimbing Industri.
8.    Bapak dan Ibu Guru SMK Negeri Nusawungu.
9.    Semua teman- teman seperjuangan khususnya kelas XI MB yang selalu menjaga kekompakanya.
Penulis menyadari bahwa laporan ini masih sangat kurang sempurna, oleh karena itu kritik dan saran yang dapat membangun demi perbaikan dan kesempurnaan. Laporan ini mudah mudahan dapat berguna bagi para pembaca, dan memperluas wawasan tentang perawatan dan perbaikan differential/gardan.
                                                                                                                                                                                                Nusawungu,                         2011

                                                                                    Penyusun







DAFTAR ISI
HALAMAN JUDUL………………………………………………………..            i
HALAMAN PENGESAHAN……………………………………………...            ii
HALAMAN PENGUJIAN…………………………………………………            iv
HALAMAN MOTTO………………………………………………………  v
HALAMAN PERSEMBAHAN……………………………………………            vi
KATA PENGANTAR……………………………………………………...            vii
DAFTAR ISI………………………………………………………………. ix
DAFTAR GAMBAR……………………………………………………….            xi
BAB I  PENDAHULUAN…………………………………………………            1
A.   Latar Belakang……………………………………….. 1
B.   Tujuan Penyusunan Laporan………………..           ……... 2
C.   Alasan Pemilihan Judul           ……………………………... 3
D.   Faktor Pendukung dan Penghambat            ……..  ……... 3
E.   Rumusan Masalah……………………………………            4
BAB II PELAKSANAAN PEKEJAAN…………………………………  5
A.   Dasar Teori…………………………………………… 5
B.   Persiapan Kerja……………………………………….            9
C.   Keselamatan Kerja……………………………………            10
D.   Bahan dan Peralatan…………………………………           10
E.   Langkah Kerja…………………………………………            11
1.    Cara Melepas dan Membongkar Differential…..            11
2.    Pemeriksaan Komponen Differential…………...           18
3.    Perakitan Differential……………………………..            19
4.    Memasang Differential Pada Kendaraan           ……... 24
5.     Pengujian………………………………………....            26
F.    Hasil Kerja…………………………………………….. 27
BAB III  PENUTUP………..……………………………………………... 28
A.   Kesimpulan……………………………………………            28
B.   Pengembangan Produk……………………………...            28
C.   Saran- Saran………………………………………..... 28
DAFTAR PUSTAKA            ……………………………………………………... 31










DAFTAR GAMBAR
Gambar 1.1           Satu Unit Differential………………………………...            5
Gambar 1.2           Konstruksi dasar differential………………………..            5
Gambar 2.1           Bagian utama differential……………………………           6
Gambar 3.1           Saat kendaraan berjalan lurus……………………..            7
Gambar 3.2           Saat kendaraan belok kanan……………………….            8
Gambar 3.3           Saat kendaraan belok kiri…………………………...            9
Gambar 1.1           Melepas poros roda………………………………….            12
Gambar 1.2           Melepas Poros Propeler……………………………. 12
Gambar 1.3           Melepas Differential dari Axel Housing……………           13
Gambar 1.4           Memeriksa Keolengan Roda Gigi Ring……………           14
Gambar 1.5           Memeriksa Keolengan Backlas Roda Gigi ring…..            14
Gambar 1.6           Melepas Flens Penyambung……………………….            15
Gambar 1.7           Melepas Penahan Oli………………………………..           16
Gambar 1.8           Melepas Differential Case dari Differential carier...           16
Gambar 1.9           Melepas Pinion Penggerak…………………………            17
Gambar 1.10         Melepas Roda Gigi Ring…………………………….            17
Gambar 1.11         Membomgkar Differential Case…………………….            18
Gambar 1.12         Membongkar Planetary gear………………………. 18
Gambar 2.1           Memeriksa Bagian Penggerak Sudut……………...           19
Gambar 2.2           Memeriksa Planetary Gear………………………… 19
Gambar 3.1           Memasang cicin dorong pada roda gigi samping...           20
Gambar 3.2           Memasang Planetary Gear  ke Differential Case...            20
Gambar 3.3           Memasang Pen            ……………………………………... 21
Gambar 3.4           Memanasi Roda Gigi Ring………………………….            22
Gambar 3.5           Memasang Roda Gigi Ring…………………………        22           
Gambar 3.6           Mengencangkan dan mengunci baut roda gigi
 Ring………………………………………………….. 22
Gambar 3.7           Memasang Poros Pinion……………………………            22
Gambar 3.8           Memasang Flens Penyambung…………………….           23
Gambar 3.9           Memasang differential case dan roda gigi ring
                                Pada differential carier            ……………………………... 24
Gambar 4.1           Memasang Differential pada Rumah Axel………...           25
Gambar 4.2           Memasang Poros Propeler………………………… 25
Gambar 4.3           Memeriksa Permukaan Oli Differential……………            26



BAB I
PENDAHULUAN
A.   LATAR BELAKANG
Prakerin(Praktik Kerja Industri) adalah Salah satu kegiatan pendidikan, pelatihan, dan pembelajaran yang dilaksanakan di dunia usaha dan dunia industry yang masih relevan dengan kompetensi siswa, dan juga sesuai dengan tujuan prakerin yaitu memenui sebagian persyaratan untuk mengikuti Ujian Nasional (UN).
Laporan ini disusun merupakan hasil tertulis setelah penulis melaksanakan prakerin selama dua bulan, yaitu 1 maret-30 april 2011, dan juga dilaksanakan didua tempat didua tempat yaitu “moelyo motor purbalingga & mandiri motor purwokerto”. Dalam menjalankan prakerin  banyak kompetensi yang dikerjakan di bengkel, terutama di bengkel mandiri motor purwokerto, bengkel  yang beralamat di jl. Ahmad Yani gang 4 no. 2 purwokerto berdiri belum lama yaitu tahun 2010, tepatnya bulan januari 2010. Mandiri motor adalah bengkel kecil pinggir jalan, walaupun kecil akan tetapi mandiri motor setiap hari selalu ramai didatangi pelanggan. Kegiatan usaha di bengkel ini adalah bergerak dalam bidang jasa seperti service, tune up, chasis, dan perbaikan system pemindah tenaga.
Adapun latar belakang dari penyusunan laporan ini adalah sebagai berikut:
1.    Ingin  membandingkan antara perbaikan differential di sekolah dan di bengkel/ industry.
2.    Tanggung jawab penyusun laporan kepada sekolah atas selesainya kegiatan prakerin dengan melakukan penyusunan laporan sebagai tugas.
3.    Kebanyakan di bengkel tempat prakerin sering memperbaiki system pemindah tenaga yaitu differential.
B.   TUJUAN PENYUSUNAN LAPORAN
Tujuan dari penyusunan laporan ini adalah sebagai berikut:
1.    Agar siswa dapat menambah pengalaman dan pengetahuan yang belum didapat disekolah.
2.    Memperdalam ilmu perbaikan dan perawatan differential/ gardan.
3.    Agar siswa dapat mengembangkan sikap kerja yang professional dalam bekerja di dunia industry.
4.    Memudahkan siswa dalam mengembangkan kecakapan hidup(life skill) dalam menghadapi persaingan tenaga kerja.
5.    Sebagai bacaan tentang sistem pemindah tenaga terutana differential/ gardan.
6.    Sebagai syarat untuk tugas akhir masa mendatang.
C.   ALASAN PEMILIHAN JUDUL
            Pemilihan judul differential/ gardan karena penulis kadang menjumpai perbaikan/ memperbaiki differential/gardan ditempat prakerin. Sehingga penulis dapat belajar serta memahami komponen komponen dari differential beserta fungsinya, cara kerja, pembongkaran, pemasangan, dan juga perawatan differential yang baik dan benar.
Hal lain yang menjadikan penulis memilih judul tersebut adalah di sekolah tempat kami belajar juga sudah banyak mempelajari tentang differential sehingga dapat mendukung dalam pembuatan laporan.
Dan didukung juga dengan hal hal sebagai berikut:
1.    Penulis ingin mengetahui tentang differential.
2.    Banyak komponen komponen differential yang ingin diketahui oleh penulis.
D.   FAKTOR PENDUKUNG DAN PENGHAMBAT
           Dalam penyusunan laporan prakerin banyak mengalami berbagai macam faktor pendukung dan penghambat, antara lain:
1.    Faktor Pendukung
a.   Sering membongkar dan memperbaiki differential di sekolah maupun di tempat prakerin.
b.   Di tempat prakerin ada differential yang sudah tidak dipakai sehingga mudah untuk dipelajari.
2.    Faktor Penghambat
a.   Kurangnya alat alat yang mendukung sehingga hasilnya kurang sempurna dan maksimal.
b.   Kurangnya buku referensi tentang differential/ gardan.


E.   RUMUSAN MASALAH
           Dari penyusunan laporan tentang perbaikan differential dapat dirumuskan permasalahan sebagai berikut:
1.     Bagaimana cara kerja differential?
2.    Bagaimana cara  membongkar komponen pada differential dengan baik dan benar ?
3.    Bagaimana cara memasang komponen tersebut dengan baik dan benar ?
4.    Bagaimana cara pemeriksaan dan pengujian padadifferential dengan baik dan benar ?













BAB II
PELAKSANAAN KERJA
A.  DASAR TEORI
1.    DIFFERENTIAL
gardan
Gambar 1.1 Satu Unit Differential
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEjXLIlWri5UveCle1-kERFD9LTb9ndBCValcyptvajmISnRCTJlhQmvPbscqPjBZh2Y5pCEkywTdCQsJXNQjYOoU1c2WLx2MlPJmj5CVUoJ77B6uP0XORfmQQayb1b-zqWbgOunA1rEHBc0/s320/2.20.jpg
Gambar 1.2 konstruksi dasar  differential
2.    FUNGSI DIFFERENTIAL/ GARDAN
Fungsi utama differential adalah Merubah arah putaran mesin, Memperbesar momen putar, dan Membedakan putaran roda kiri dan roda kanan saat membelok.

Differential gear                                                  Final gear
Gambar 2.1 bagian utama differential
a.    Final Gear.
      Yang terdiri dari drive pinion dan ring gear, dan berfungsi untuk memperbesar momen dan mengubah arah putaran sebesar 900
b.     Differential Gear.
      Yang terdiri dari side gear, dan berfungsi untuk membedakan kecepatan putar roda kiri dan kanan saat membelok.
3.    CARA KERJA DIFFERENTIAL/GARDAN
Adapun cara kerja gardan adalah sebagai berikut :
Pada saat mobil berjalan lurus :
Drive pinion memutarkan ring gear, ring gear memutarkan differential case, defferential case menggerakan pinion gear melalui pinion shaft dan pinion gear memutarkan
side gear kiri dan kanan dengan rpm yang sama karena tahanan roda kiri dan kanan sama, sehingga menyebabkan putaran roda kiri dan kanan sama. ( RPM A = B ).
                                       
        A                                            B
Gambar3.1 saat kendaraan berjalan lurus
Pada saat kendaraan belok kanan
Drive pinion memutarkan ring gear, ring gear memutarkan differential case, differential case menggerakan pinion gear melalui pinion shaft dan pinion gear memutarkan side gear kiri mengitari side gear kanan karena tahanan roda kanan lebih besar sehingga menyebabkan putaran roda kiri lebih besar dari roda kanan. ( RPM A > B ).

    A                                          B
Gambar 3.2 saat kendaraan belok kanan
Pada saat kndaraan belok kiri
Drive pinion memutarkan ring gear, ring gear memutarkan differential case, differential case menggerakan pinion gear melalui pinion shaft dan pinion gear memutarkan side gear kanan mengitari side gear kiri karena tahanan roda kiri lebih besar, sehingga menyebabkan putaran roda kanan lebih besar dari roda kiri. ( RPM A < B ).


     A                            B
Gambar 3.3 saat kendaraan belok kiri
B.   PERSIAPAN KERJA
Sebelum melaksanakan pekerjaan alangkah baiknya kita persiapkan apa saja yang dibutuhkan. Karena kelancaran suatu pekerjaan itu tergantung pada persiapan kerja diantaranya:
1.    Siapkan pakaian kerja atau wear park.
2.    Siapkan bahan dan peralatan sebelum melakukan pembongkaran differential.
3.    Amati komponen komponen differential sebelum melakukan pembongkaran.
4.    Materi tentang differential harus sudah dikuasai agar dalam pengerjaannya lebih cepat dan hasilnya baik.
Selain itu juga perlu disiapkan tempat kerja, karena pekerjaan akan lancar juga dipengaruhi pada faktor  tempat  kerja. Sebelum melakukan pekerjaan sebaiknya tempat kerja harus bersih karena itu dapat menunjang semangat dalam bekerja.
C.   KESELAMATAN KERJA
Keselamatan kerja adalah hal yang utama, karena sangat dibutuhkan dan sangat penting dalam melakukan suatu pekerjaan. Hal hal yang menyangkut keselamatan kerja yaitu:
1.    Sebelum melakukan pekerjaan sebaiknya memakai pakaian kerja/ wear park.
2.    Jangan menaruh  kunci/ alat-alat disaku pakaian kerja sehingga tidak membahayakan diri kita sendiri dan orang lain.
3.    Gunakan alat sesuai dengan fungsinya.
4.    Lakukan pekerjaan dengan teliti dan hati hati.
D.   BAHAN DAN PERALATAN
Bahan dan peralatan yang dibutuhkan dalam perbaikan differential adalah:
No
Nama bahan
Sepesifikasi
Satuan
Jumlah
Pemilik
1.     
Differential
Zebra espass
Buah
1
Kendaraan Pelanggan
2.     
Differential
Zebra espass
Buah
1
Bengkel












No
Nama alat
Sepesifikasi
Satuan
Jumlah
Pemilik
1.     
Dial indicator
General
Buah
1

2.     
Kunci F
General
Buah
1
Bengkel
3.     
Kunci shock
24mm
Buah
1
Bengkel
4.     
Kunci pas ring
12mm
Buah
1
Bengkel
5.     
Kunci pas ring
14mm
Buah
1
Bengkel
6.     
Kunci pas ring
17mm
Bua h
1
Bengkel
7.     
Palu
½ kg
Buah
1
Bengkel
8.     
Obeng min (-)

Buah
1
Bengkel

E.    LANGKAH KERJA
1.    CARA MELEPAS DAN MEMBONGKAR DIFFERENTIAL
a.    Melepas poros-poros roda
Melepas poros-poros roda itu sangat penting, karena itu dapat memperlancar pelepasan differential dari kendaraan, yaitu dengan melepas mur penahan poros penggerak aksel, kemudian tarik keluar poros penggerak aksel dengan palu luncur. Setelah terlepas lalu diperiksa gigi pada poros roda, ternyata gigi pada poros roda sudah aus dan perlu diganti.
Gambar 1.1 Melepas poros roda
b.    Lepas poros propeler dari diferensial
Setelah melepas poros roda lalu melepas poros propeller, yaitu dengan membuat tanda terlebih dahulu pada kedua flens, kemudian lepas keempat baut dan mur.
14
Gambar 1.2 Melepas poros propeller
c.    Lepas differential dari axle housing
Sebelum dilepas oli harus dikuras dulu, jika sudah habis kemudian lepas, tetapi jika sulit dilepas, jangan gunakan obeng atau pahat karena dapat merusak paking atau permukaan dudukan. Ternyata setelah dilepas paking sudah rusak, dan diganti.
Gambar 1.3 Melepas differential dari axle housing
d.    Pemeriksaan differential sebelum di bongkar
 Bila timbul suara diferensial, lakukan pemeriksaan awal berikut, sebelum pembongkaran untuk menentukan penyebab suara.  Kemudian Periksa keolangan roda gigi ring. Keolengan maksimum 0,10 mm (0,0039 in). Setelah pengukuran ternyata hasilnya sama dengan keolengan maksimum yaitu 0,10mm, Jadi tidak perlu mengganti roda gigi ring, disamping itu roda gigi ring masih baru.  Bila keolengan lebih besar dari nilai maksimurn, gantilah roda gigi ring. 
14
Gambar 1.4 Memeriksa keolengan roda gigi ring( ringgear)
      Setelah memeriksa keolengan ring gear, kemudian Periksa backlash roda gigi ring. Backlash 0,13 - 0,18 mm
(0,0051 - 0,0071 in).
Dan setelah diukur hasilnya kurang dari nilai spesifikasi, jadi dilakukan penyetelan kembali backlas, setelah disetel yang hedua kalinya hasilnya pun sama yaitu 0,14mm
14
Gambar 1.5  Memeriksa backlas ring gear
e.    Pembongkaran differential Lepas flens penyambung, dengan menggunakan palu dan pahat,  longgarkan takikan mur, lalu  Menggunakan SST untuk menahan flens, lepas mur
09330 – 00021, kemudain gunakan SST, lepas flens penyambung. SST  09330 - 00021
1414
Gambar 1.6 Melepas flens penyambung
Setelah melepas flens penyambung, kemudian  Lepas perapat oli dan penahan oli. Menggunakan SST, lepas perapat oli dari diferensial carrier. SST 09308 – 10010, Lepas penahan oli.
14
Gambar 1.7 Melepas penahan oli
Setelah melepas penahan oli kemudian lepas differential case dan ring gear dari differential carier dengan cara buat tanda pada tutup bantalan dan diferensial carrier, kemudian lepas dua pengunci mur penyetel, lalu  Lepas tutup bantalan dan penyetel.
14
Gambar 1.8 Melepas differential case dari differential karier
Setelah differential terlepas, kemuduan lepas pinion penggerak dari diferensial carrier. 
14
Gambar 1.9 Melepas pinion penggerak
f.     Melepas roda gigi ring (ring gear)
Lepas baut pengikat roda gigi ring dan plat pengunci, kemudian buatlah tanda pada roda gigi ring dan differential case, lalu gunakan palu plastic atau tembaga, pukul roda gigi ring untuk melepaskan dari differential case. 
14
Gambar 1.10 Melepas roda gigi ring (ring gear)
g.    Membomngkar differential case
Setelah roda gigi ring terlepas, kemudian bongkar differential case dengan menggunakan palu dan drip, keluarkan pen. Lalu lepas poros pinion, dua roda gigi pinion dengan cincin dorong.
14
Gambar 1.11 Membongkar differential case
Gambar 1.12 Membongkar planetary gear
2.    PEMERIKSAAN KOMPONEN DIFFERENTIAL
a.    Memeriksa bagian penggerak sudut
Yang diperiksa yaitu bagian pasak mur pengikat flens, keausan dudukan bantalan poros pinion, dan keausan gigi pinion dan gigi korona. Setelah melakukan pemeriksaan, ternyata hasilnya masih baik, tidak ada yang aus.
b.    Memeriksa bagian dari differential case
Memeriksa keausan permukaan gesek bantalan, keausan poros roda gigi planet, dan keausan gigi planet dan gigi satelit.
           
                        Gambar 2.1Memeriksa bagian penggerak sudut
                        Gambar 2.2 Memeriksa planetary gear
3.    PERAKITAN DIFFERENTIAL
a.    Merakit differential case
Pasang cincin dorong yang tepat dan roda gigi samping. Mengikuti petunjuk tabel berikut ini, pilihlah cincin dorong yang dapat memberikan backlash spesifikasi.  Pilihlah cincin dengan ketebalan yang sama untuk kedua sisi. Kemudian memasang planetary gear kedalam differential case.
14
Gambar 3.1 Memasang cincin dorong pada roda gigi samping
14
Gambar 3.2 Memasang planetary gear ke differential case
b.    Memasang pen Menggunakan palu dan drip, pasang pen masuk pada bak diferensial dan lubang poros pinion.
Takik lubang pada bak diferensial.
Gambar 3.3 Memasang pen
c.    Memasang  roda gigi ring pada differential case
Sebelum memasang ring gear terlebih dahulu Bersihkan permukaan kontak pada  diferensial case, kemudian panaskan roda gigi ring pada 100°C (212°F) di dalam pemanas oli, setelah itu bersihkan permukaan kontak pada roda gigi ring dengan bahan pembersih.
Kemudian segera pasangkan roda gigi ring pada diferensial case. Tepatkan tanda pada roda gigi ring dan differential case, Oleskan oli roda gigi pada baut pengikat roda gigi ring.kemudian  Pasang plat pengunci dan baut pengikat. Kencangkan baut dengan merata, sedikit demi sedikit, dengan momen 985 kg-cm. Lalu dengan menggunakan palu dan drip, takik plat pengunci.
Gambar 3.4 Memanasi roda gigi ring
Gambar 3.5 Memasang roda gigi ring
14
Gambar 3.6 Mengunci baut roda gigi ring
d.    Pasang poros pinion
14
Gambar 3.7 Memasang poros pinion
e.     Memasang flens penyambung
 Pasang flens penyambung dengan Oleskan gemuk MP pada ulir mur yang baru, Menggunakan SST, untuk menahan flens, kencangkan mur.SST 09330 - 00021
14
Gambar 3.8 Memasang flens penyambung
f.     Memasang differential case dan roda gigi ring pada differential carier
Pasang luncuran luar bantalan pada masing- masing bantalan, dan pastikan luncuran luar tidak tertukar antara kiri dan kanan
                       
Gambar 3.9  Memasang differential case dan roda gigi ring pada  differential karier.
g.    Memasang mur penyetel
Pasang mur penyetel pada masing- masing carier, dan pastikan ulir terkait dengan benar.
h.    Memasang tutup bantalan
Tempatkan tanda pada tutup bantalan dan carier, kemudian pasang kedua baut tutup bantalan, dua atau tiga ulir, dan tekan tutup bantalan dengan menggunakan tangan.
i.      Mengencangkan ring penyetel
Kencangkan ring penyetel kiri dan kanan sampai mendapatkan posisi yang diinginkan atau menyetel gesekan antara gigi ring dan gigi pinion sampai baik dan benar. Kemudian kencangkan baut tutup bantalan.
4.    MEMASANG DIFFERENTIAL PADA KENDARAAN
a.    Pasang gasket pada rumah axsel, kemudian pasang differential pada rumah axsel, dan kencangkan Ke 12  baut pengikat.
Gambar 4.1 Memasang differential pada rumah axel
b.     Memasang poros propelel
Tempatkanlah tanda pada kedua flens, kemudian pasang flens dengan  empat baut dan mur tersebut.
14
 Gambar 4.2 Memasang poros propeller
c.    Periksa permukaan oli diferensial.
Isilah dengan oIi roda gigi hypoid bila diperlukan.
Tingkat oli                        :API GL-5, oIi roda gigi hypoid
Viskositas                        :SAE90
Kapasitas 1 1,3 liter (1,4 US qts, 1,1 Imp, qts)
14
Gambar 4.3 Memeriksa permukaan oli differential
5.    PENGUJIAN
Setelah selesai semua lalu lakukan pengujian dengan menghidupkan mesin, lalu masukan gigi dan jalankan mobil sambil didengar apakahg ada bunyi yang timbul dari differential dan getaran akibat penyetelan kurang baik. Kalau ada berarti hasilnya kurang baik dan perlu disetel ulang, akan tetapi jika tidak ada berarti hasilnya baik
F.    HASIL KERJA
Setelah selesai pembongkaran dan pemeriksaan ada komponen yang harus diganti, karena dapat membawa dampak terhadap kenyamanan berkendara, yaitu paking rumah axel dan differential, poros/as roda karena sudah aus. Mengapa penuis katakana demikian, karena dilihat dari pemeriksaan poros roda setelah poros roda dilepas.














BAB III
PENUTUP
A.   KESIMPULAN
Setelah penyusun mengikuti Praktik Kerja Indusri (PRAKERIN) maka penyusun dapat mengambil kesimpulan sebagai berikut:
1.    Prakerin merupakan praktik kerja nyata yang bermanfaat dan sebagai pengalaman bagi siswa untuk terjun dimasyarakat dan dunia kerja.
2.    Penyusun telah mendapatkan banyak pengalaman yang belum pernah didapat disekolah.
3.    Perawatan dan perbaikan differential ini harus sering dilakukan oleh pemilik kendaraan, karena dalam pemakaian yang lama fungsi pelumasan akan kurang baik. Oleh karena itu harus sering di check karena kerja differential cukup berat.
B.   PENGEMBANGAN PRODUK
Differential merupakan komponen yang sangat vital, dan sangat penting dari dulu sampai sekarang,  kendaraan masih menggunakan differential karena belum ada komponen yang dapat menggantikan fungsi daripada differential, jadi harapan untuk kedepannya differential akan digunakan terus.
C.    SARAN- SARAN
Untuk industri
a.     Penyusun berharap agar bengkel bisa memberikan pekerjaan kepada siswa prakerin setiap hari, agar para siswa yang praktik dapat menambah pengetahuannya.
b.    Pihak bengkel tidak segan- segan menegur siswa prakerin yang dalam bekerja itu bergurau dan juga menegur jika siswa prakerin tidak bekerja jika sedang banyaak pekerjaan.
c.    Penulis sangat berharap agar pihak bengkel meningkatkan kerja sama yang baik dengan sekolah agar untuk tahun kedepannya adik- adik kelas tidak mendapatkan kesulitan dalam mencari tempat prakerind.
2.  Untuk sekolah
a.    Penyusun berharap agar pihak sekolah bias lebih mengawasi dan melakukan monitoring ke bengkel tempat siswa prakerin.
b.    Penyusun juga berharap kepada pihak sekolah agar bias menjalin kerjasama yang baik dengan pihak bengkel/ instansi terkait, guna mempermudah siswa dalam mencari tempat prakerin.
3.    Untuk Siswa
a.    Siswa hendaknya bisa mengambil pelajaran dan pengalaman dari prakerin ini
b.    Siswa dapat dapat mematuhi tatatertib yang ada di tempat prakerin.
c.    Siswa hendaknya aktif dalam melakukan pekerjaan.
d.     
DAFTAR PUSTAKA
Daryanto,Drs., Memahami dan Merawat Casis Mobil, Toyota Step I.
Santoso Aji Nur Ahmad, Perawatan dan Perbaikan diiferential. Laporan prakerin lama.                     
Google, materi chasis dan spt, Addobe rider


1 komentar:

  1. gambarnya kok ndak kelihatan y min? sebenarnya artikelnya bagus dan lengkap..sayang gambarnya gak ada

    BalasHapus